Thursday, April 10, 2014

Guna Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh, Haruskah Minum 8 Gelas Air Sehari?


Jakarta, Semua orang pasti pernah mendengar anjuran minum air delapan gelas sehari demi memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh. Meski begitu, tak jarang ada orang yang sanksi apakah benar demi menjaga tubuh tetap terhidrasi, seseorang harus minum delapan gelas sehari?

Menurut Pennie Taylor, peneliti sekaligus pakar diet bersertifikasi di CSIRO Animal, Food and Health Sciences, belum ada bukti ilmiah yang mampu mendukung hal ini. Dikatakan Taylor, pakar kesehatan setuju jika tubuh laki-laki membutuhkan 2,6 liter air dan wanita sekitar 2,1 liter air.

"Tapi, Anda juga mendapatkan air dari minuman dan makanan lain. Rata-rata orang mendapatkan empat gelas atau satu liter air per hari dari makanan yang kita makan misalnya semangka, teh, kopi, susu, yoghurt dan itu semua berkontribusi terhadap total cairan di tubuh kita," papar Taylor.

Lebih lanjut, Taylor tidak menyarankan Anda terlalu sering mengonsumsi kafein yang bisa menimbulkan efek diuretik ringan dan alkohol yang justru bisa membuat dehidrasi. Dari asupan yang dikonsumsi, tubuh menproduksi 250 ml air sehari saat proses metabolisme. 

Taylor menyarankan untuk minum empat sampai enam gelas standar air per hari. Namun, jumlah air bisa ditambah jika sedang berada di tempat dengan suhu panas dan Anda sangat aktif melakukan kegiatan. Sebaliknya, ketika suhu dingin, konsumsi air bisa dikurangi. 

"Jadi bagaimana mengetahui Anda dehidrasi? Lihatlah warna urine Anda. Jika warnanya kuning pucat, bisa dipastikan Anda butuh lebih banyak cairan," kata Taylor seperti dikutip dari ABC Australia, Kamis (10/4/2014).

Seperti diketahui, air membentuk sekitar 50-80 persen massa tubuh serta membantu menjaga keseimbangan mineral di tubuh. Ketika kebutuhan air terpenuhi, suhu tubuh akan lebih mudah diatur, sistem pencernaan lebih lancar karena usus akan lebih lembab, penyerapan nutrisi pun akan lebih mudah.

Dehidrasi lebih rentan terjadi pada anak dengan berat badan rendah, orang lanjut usia (lansia) karena tidak secepat dulu merespons rasa haus, orang dengan infeksi virus misalnya gastroenteritis, tinggal di iklim panas, orang yang sedang menurunkan berat badan, dan aktif secara fisik. 

"Jika Anda olahraga di udara yang panas dengan cuaca lembab, Anda patut lebih berhati-hati karena Anda akan mengeluarkan lebih banyak keringat dan risiko dehidrasi pun lebih besar," jelas Taylor.

(rdn/vit)

sumber:
http://health.detik.com/read/2014/04/10/070200/2550677/763/guna-penuhi-kebutuhan-cairan-tubuh-haruskah-minum-8-gelas-air-sehari?l992205755