Saturday, November 28, 2009

Analisa Pekerjaan dan Desain Pekerjaan


http://wokopunyablog.blogspot.com/






MARKETIVA

Open an Account
It's easy, takes only 5 minutes, and you even earn $5 cash reward!

CLICK HERE...


Label: Catatan Kuliah S2


Mata Kuliah: Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)

Dosen: Amron


Analisa Pekerjaan dan Desain Pekerjaan


Latar Belakang

  • Organisasi tumbuh terlalu besar untuk dilaksanakan oleh 1 orang – pembagian tugas untuk laksanakan fungsi.

  • Koordinasi dan keterkaitan berbagai kegiatan diperlukan.

  • Analisa dan pengkajian serta pemahaman tentang pekerjaan-pekerjaan tersebut menjadi penting.


Sifat Pekerjaan

  • Pekerjaan dan bagaimana pekerjaan tersebut diorganisasikan sangat penting dalam HRM – kemampuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk laksanakan pekerjaan.

  • Tingkat pendidikan dan pelatihan yang diperlukan.

  • Tingkat gaji yang diberikan – ekonomi.

  • Status dan pencapaian kepuasan dalam pekerjaan.

  • Pengorganisasian pekerjaan berpengaruh pada layanan.


Dimensi Pekerjaan

  • Dimensi Fisik

    adalah kecepatan gerak langkah pekerja laksanakan pekerjaan – idealnya pekerjaan dilakukan berulang dan cara yang seragam – spesialisasi pekerjaan.

  • Dimensi Psikologis

    adalah pekerjaan mempunyai potensi besar dalam memenuhi kebutuhan psikologis: pertumbuhan, pengembangan – rotasi, pemekaran.

  • Dimensi Sosial

    adalah kelompok kerja – menarik investasi.

  • Dimensi Kultural

    adalah ekonomi, kedudukan sosial, dan kualitas kehidupan.

  • Dimensi Kekuasaan

    adalah pekerja bekerja untuk atasan / organisasi – cara mempergunakan kekuasaan mempunyai dampak terhadap kepuasan kerja maupun produktivitas karyawan.


Kerangka Pekerjaan

  • Isi Tugas

    => tugas, kewajiban, perilaku, hubungan dan tanggung jawab.

  • Kualifikasi

    => keahlian, kemampuan, dan pengalaman.

  • Kompensasi dan penghargaan

    => gaji, promosi, kepuasan.



Definisi Analisa Pekerjaan

adalah suatu proses sistematis dalam mengumpulkan data dan membuat pertimbangan tentang sifat dasar suatu pekerjaan.


Tugas

adalah unit terkecil seseorang lakukan. Operasikan komputer, jawab telepon.


Deskripsi pekerjaan

adalah uraian perihal kewajiban dan tanggung jawab pekerjaan tertentu: apa yang dikerjakan, bagaimana mengerjakan dan mengapa dikerjakan.


Spesifikasi pekerjaan

adalah standar pelaksananya kualitas yang disyaratkan: pengetahuan, keahlian, pendidikan, pengalaman, sertifikat.


Evaluasi pekerjaan

adalah menilai suatu pekerjaan dalam kaitannya dengan pekerjaan lainnya – kinerja.


Aspek-aspek pekerjaan yang dianalisis

  • Keluaran pekerjaan

  • Aktivitas tugas yang dilaksanakan

  • Kompetensi

  • Struktur balas


Teknis Analisis Pekerjaan

  • Observasi

  • Wawancara

  • Kuesioner

  • Catatan harian karyawan


Menurut Michael J Jucius dalam Personel Management:

Analisis pekerjaan diperlukan informasi tentang:

nama pekerjaan, jumlah pegawai yang ada dalam pekerjaan tersebut, sarana dan prasarana yang dipakai dalam bekerja, posisi dalam unit kerja, jam kerja dan tingkat kompensasi yang diberikan, kondisi kerja, jenis-jenis kewajiban, syarat – syarat pendidikan dan latihan, kecakapan, bakat dan kemampuan yang dibutuhkan, serta jenjang promosi dan mutasi.


Sumber informasi:

  • SDM (Sumber Daya Manusia) yang telah berpengalaman

  • Narasumber yang mengetahui pekerjaan tersebut

  • Pemerhati yang berpengalaman


Yang perlu diperhatikan:

  • Harus memuat fakta yang berkaitan dengan pekerjaan.

  • Harus memberikan informasi yang dibutuhkan.

  • Harus sering dikaji kembali.

  • Harus memberikan informasi yang lengkap dan tepat.


Desain Pekerjaan

  1. Desain pekerjaan menentukan bagaimana pekerjaan dilakukan seberapa besar pengambilan keputusan, seberapa banyak tugas yang dapat diselesaikan.

  2. Proses penentuan tugas-tugas, metode pelaksanaan dan hubungannya dengan pekerjaan lainnya.


Aspek-aspek desain pekerjaan:

  • Muatan pekerjaan (Job Content)

    => kemajemukan tugas, otonomi tugas, kompleksitas tugas, kesulitan tugas, identitas tugas.

  • Fungsi pekerjaan

    => tanggung jawab, otoritas, informasi, metode kerja, kebutuhan koordinasi.


Umpan balik:

  • Pencapaian tugas: produktivitas, efektivitas, efisiensi.

  • Reaksi karyawan: ketidakhadiran, kepuasan, perputaran.

































No comments:

Post a Comment